This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions..

Pages

7 ASET YANG HARUS DI MILIKI BAND

  1. Karya yang berbobot
Sudah satu hal  yang tidak asing tentunya jika musisi / band berkarya, namun pertanyaan sebenarnya bukan terletak pada  memiliki karya (Song/lagu) atau tidak ... (Band mana sich yang nggak punya lagu?...Hampir semuanya
memiliki lagu khan?...). Tolak ukur sebenarnya adalah – Sejauh mana karya kita berpredikat berbobot-

  1. Talenta yang aman
Saya disini tidak menyebut Talenta yang brilliant, kenapa?...karena talent yang briliantpun tidak menjamin mampu membuat  komposisi yang berbobot, kalopun mungkin oleh para pakar musik dianggap sangat berbobot belum tentu karya tersebut berbobot di pasar. Artinya, berbobot disini adalah adalah bobot yang memang bisa diterima pasar dengan baik (tentunya kalo kita berorientasi pada mater i- kecuali kalo nge bandnya Cuma mau hambur-hambur duit aja --ya..misalkan aja kamu anak bangsawan)
Karena itu cukup talenta yang aman saja yang perlu dibutuhkan- tapi ya nggak apa –apa juga kalo kamu memang punya skil brilliant.

  1. Cerdas Dan Cerdik
Orang cerdas belum tentu cerdik lho, semua artis hampir semuanya cerdas-mereka bisa beretorika ketika diwawancara-Mereka punya argument –mereka juga punya konsep. Tapi mungkin banyak juga yang tidak cerdik. Jika semua musisi cerdas dan cerdik tentunya akan banyak sekali musisi-musisi yang terus bertahan di jalurnya, sedangkan kenyataanya nggak demikian. Banyk yang muncul sebentar kemudian hilang lagi tergeser dengan pendatang baru. Artinya kecerdasannya tidak sampai kelevel cerdik. Karena, seseorang yang cerdik pasti mampu melakukan manuver-manuver demi mempertahankan bandnya. Dia juga memiliki kemampuan management dan paham peluang-Serta paham terhadap industri musik-Disini tidak hanya paham kepada karya musisi-musisi besar kemudin diangggap cerdas dan cerdik. Banyak para senior yang sudah merasa bangga karena pengetahuannya mengenal karya-karya musisi besar sekelas Queen dan lain sebagainya. Kita rasional aja apa pengetahuan  itu adalah mutlaq yang akan menaikkan penjualan RBT atau penjualan CD sebuah band. Nggak khan?..kembali lagi kepada kecerdasan dan kecerdikan stategi promo dan management. Ngapalin karya orang mah gampang aja atu bisa jadi kebetulan karena tuh orang emang pada jamannya band tersebut lagi booming-boomingnya. Wong dia nya sendiri angkatan tahun 70 an…hahahaha.
Disni termasuk juga memiliki link- Entah dengan sponsor-EO (Event organizer) dan lain sebagainya- termasuk juga memiliki kemampuan Loby. Ini yang penting.

  1. Memiliki senjata perang
Hehehe….bukan nuklir atau pistol caliber maksudnya ya?..Tapi kapak berdawai , pentungan beduk beserta beduknya, dan lain sebagainya. Ngerti khan maksudnya?...Kenapa mesti punya?..tentunya seorang petani pasti punya cangkul-seorang tukang cendol ya punya dorongan cendolnya-tukang mie ayam ya punya gerobak mie nya. Nah musisi harus punya juga dong senjata perangny.Termasuk disini PC atau laptop beserta modemnya, atau kalo perlu jaringan internet (Ya..ga papa..kali aja kamu emang punya Warnet dirumah ) itu lebih bagus. Ini penting lho-kegiatan band itu nggak jauh-jauh dari e-mail-emailan –Up date acara di Social networking- menghubungi EO, Café dan lain sebagainya.  Justru hampir setengah kekuatan sebuah band ada di kegiatan maya. Kalo perlu bikin management yang ngurusin khusus untuk On line.

  1. Tahu dan Mampu mengoperasikan Software Recording
Hal yang satu ini sering kali dilupakan oleh band indie- Selain karena sumber daya yang satu ini memang biasanya hanya dimiliki oeh kalangan menengah keatas juga karena musisi Indie tidak jeli kearah ini. Padahal kegiatan utama musisi selain dapat Job dan latihan di studio ya recording ini. Kegiatan ini justru lebih utama dari yang disebutkan sebelumnya-kecuali band kita memang berfokus pada Band Café bukan Band recording.  Bayangkan sebuah kekuatan dua kali lipat bila seorang musisi atau band mampu - apalagi sampai memiliki studia rekam sendiri (tentunya bukan studio recording-reccordingan yang kualitas audionya sering ancur kaya tempat-tempat recording amatir yang bayak bertebaran wkwkwk..) Nah bagi yang mau belajar tutor recording silahkan DOWLOAD DISINI !

  1. Memiliki Usaha Prioritas diluar band
Kenapa point ini saya masukkan?....Friend, dunia musik itu bagi sebagian besar kalangan Indie hanya jalan ngebelnjain duit lho,----Coba aja dipikir latihan kalo nggak punya studio sendiri ya terpaksa rental- Mau ikut festival atau parade ya bayar- mau bikin RBT ya bayar (yang berminat untuk RBT  DOWNLOAD DISINI PLEASE ), mau ngirim demo lagu ya pake duit. Semuanya pake duit. Nah sekarang, mau sampai kapan ngambur-ngamburin duit dengan dalih “Ah..ini kan investasi…”
Iya sich bener investasi tapi apa ada yang bisa jamin kalo duit yang kita keluarin itu bakal balik karena suatu nanti kita bakal jadi band besar ?....Nggak ada men- Nggak ada! Jadi lebih bijak kalo kamu focus bahkan lebih focus kepada ternak ayam atau bebek milikmu dirumah misalnya (wkwkwk…). Ini jelas Investnya, untung ruginyapun sangat bisa diperhitungkan. 
Sekarang, kalopun emang kamu jadi band besar ya paling banter juga 2-3 tahun, Sudah itu masa kejayaannya hilang. Sudah, kamu dilupakan, nggak ada lagi yang ngejar-ngejar loe-yang neriak-neriakin loe kalo lagi diatas stage. Coba deh jeli kearah sini.
Bagi yang mau kerja sampingan orderin alat musik dan aksesories Just click

  1. Tahan Banting
Poin ini sangat menentukan keberhasilanmu. Bayangin aja kalo kamu punya segalanya yang dibutuhkan diatas tapi cengeng. Ya…sudah deh is det ditengah jalan apalagi setelah kamu paham betul betapa ruwetnya dunia entertainment (band) yang nggak semanis yang kita lihat.
Yang kita lihat itu yang booming-booming aja, sedangkan  yang nggak nya lebih banyak dan lebih hebat penderitaanya keliwat-liwat itu ya yang nggak dapat ekspose.
Salah satu cara yang saya pakai untuk menjadi manusia yang tahan banting ini (meskipun mungkin Cuma ngaku-ngaku..wkwkw) adalah “Nggak Ambisius-Band Nggak bakal ngejamin kita masuk syurga-Ngapain juga selama ini kita bersusah dan berpayah diri” xixixix..
Dunia Cuma sebentar men…malaikat pembawa pentungan siap gebugin kita disana..wkwkwkwk

Wasalam

CARA MAIN SAMPLING

Ngeband pakai sampling rasanya seperti terkesan elite bagi sebagian audien (penonton), selain terlihat profesional, sebuah grup band yang menggunakan sampling tampak sedikit menonjol dari band lainnya. Meskipun dengan hal ini membutuhkan kerjasama yang baik dan latihan rutin, proses pembuatan sampling tidaklah mudah, terutama bagi pemula seperti saya. Sebenarnya seperti apa atau apa sih sampling itu dalam sebuah band?  menurut saya pribadi musik sampling itu adalah sebuah musik digital yang di selipkan di antara musik, cirinya agak sedikit menonjol dari suara alat musik yang kita mainkan saat live perform. Contoh musik yang menggunakan sampling kamu bisa dengarin lagunya dewa - bukan cinta manusia biasa, Tqla - jangan bilang-bilang, five minutes - aisah dan masih banyak lagi lagu lainnya, silahkan dengar sendiri musik yang saya contohkan tadi.

Cara menggunakan musik sampling untuk live perform disini berdasarkan cara saya sendiri adalah dengan membagi suara kiri dan kanan dari output sampling yang kita gunakan, contohnya misalkan saya ingin membawakan lagu j-rock dengan judul madu dan racun, pada samplingnya kita edit menggunakan software pengolah suara seperti adobe audition, atur suara kiri dan kanan (L/R) catatan: suara kiri untuk panduan drummer dalam menjaga tempo/metronom permainan, karena kelancaran dalam memainkan musik menggunakan sampling rata-rata ketukan di tangan drummer. Kemudian untuk suara bagian kanan untuk sampling yang keluar pada sound output di panggung(di dengar penonton, selain suara alat musik yang kita mainkan), langkah berikutnya kalau sampling sudah siap di gunakan, yang perlu kita siapkan di panggung adalah :
1. Laptop
2. Konektor stereo berfungsi untuk memisahkan suara (L/R)
3. Headset untuk drummer
4. Kabel sound dari laptop ke backsound di stage

Cara pasang


  • tancapkan konektor stereo pada output suara laptop
  • pasang headset pada konektor stereo bagian kiri/ L
  • pasang kabel sound pada konektor stereo bagian kanan / R, ujung yang lainnya dipasang pada backsound
  • putar sampling menggunakan winamp kemudian dengarkan headset apakah pemasangan headset dan kabel sound sudah benar pada konektor stereo, maksudnya apakah suara yang seharusnya menjadi metronom bagi drummer ini memang sudah benar masuknya ke headset (bukan ke backsound) karena yang seharusnya masuk ke backsound itu adalah sampling saja, yang dengan sendirinya nanti akan masuk di antara musik yang kita mainkan setelah saatnya dia (sampling) muncul.
  • jika salah, kamu tinggal merubah posisi pemasangan headset dan kabel ke backsound saja, jika tadi headsetnya kita pasang di bagian L, dan itu salah maka rubah ke posisi R.
  • jika sudah benar ya kamu tinggal main dechh :p
catatan lagi: cari konektor stereo yang sesuai dengan jack headset kamu dan jack kabel ke backsound
menggunakan cara ini memang sedikit ribet, tapi lumayanlah. Biasanya orang2 menggunakan mixer kecil untuk membagi suaranya antara headset dengan kabel ke backsound, tapi jika kamu gak punya duit untuk beli mixer kecil itu ya terpaksa pake cara saya ini :D

Oya contoh sampling yang sudah ku bikin, tapi belum selesai. Ini sampling lagu j-rock madu dan racun, masih kurang musik percusinya dan belum di mixdown. Silahkan di download dan di edit sendiri ya.

CARA MEMBUAT MUSIC SAMPLING

sampling music... atau musik sample... akhir akhir ini di kota saya sangat populer, pada post kali ini saya mau ngupas tuntas tentang sample musik / music sampling ini :

apa itu sampling music ?
musik sample sering digunakan untuk tujuan live performance, simple nya begini... pada live musik kita kan sering liat ada suara suara tekhno, keyboard, atau bahkan suara backing cewek... tapi di panggung ga ada pemain keyboard, dj or backing cewek nya...nah mensiasatinnya ya pake sampling...
contoh band yang musti pake sampling kalo lagunya di bawain :

  1. five minutes
  2. muse
  3. numata
  4. dll
ya walaupun ga semua lagu mereka musti pake sampling... intinya kalo ada suara suara aneh trus kamu mau bawain bingung ga punya turntable, beatbox, dsb cara gampang nya ya pake sampling music


cara membuat sampling lagu :
persiapkan alat alatnya dulu, berikut alat alatnya
  1. Komputer sekelas pentium 3 - 4 dengan ram 512 dan hardisk sekitar 20 gb free
  2. Software Fruity loop ( terserah versi berapa, kalo saya pake versi 8 xxl )
kalo bisa sih paling ga udah registered supaya bisa di save.... cuz butuh konsentrasi dan waktu...hehe
kalo mau download bisa di sini
  1. Cool edit pro 2.0
  2. Jet audio 9.
pertama tama nyalain dulu komputernya :)) tar kalo ga di nyalain kan ga bisa ...wkwkw
ok ... ok... serius.... saya ajarin step by step... :)
kita pertama tama buka FL ( fruity loop )
arahkan kursor ke tab chanel trus pilih add one trus klik audio clip
preview :

lalu klik open dari chanel setting
preview :

lalu masukan ke pattern 2
copy lagi lagu tersebut trus klik pattern 3 nah klik juga di playlist jadi nanti akan muncul seperti ini :
perview

di mixer pisahkan kedua nya di chanel kiri dan kanan
tapi sebelum itu detect tempo dulu file tersebut  supaya temponya pas.. :)

lalu cut bagian bagian file "audio 2" yang akan kamu sampling...

gunakan insting bermusik kamu untuk mendeteksi seuara suara tersebut chanel yang pass
misal :
gitar, bass                               : FL slayer
drum, metronome                    : FPC, DrumSynth Live
keyboard                                : FL key
untuk suara aneh aneh             : PoiZone, Wasp, Wasp xp, Sytrus

untuk mengedit nya / membuat nya kita bisa menggunakan piano roll :)
dan jangan lupa di mixer untuk chanel kanan hanya metronome dan lagu asli, selebih nya masuk ke chanel kanan....

kegunaan cool edit :
untuk mengedit potongan mentah dari file cut nya "audio 2"
misalnya fade in atau fade out... atau bahkan memberi efex2 tertentu pada single chanel

Cara Afdruk Screen Sablon Kaos

Cara Afdruk Screen Sablon Kaos

Pada Tutorial sablon sebelumnya sudah kita ulas perlengkapan sablon kaos yang dibutuhkan, pada artikel kali ini mari kita bahas cara AFDRUK pada kain screen untuk keperluan sablon kaos;

Langkah 1;
Pastikan screen dalam keadaan bersih (jangan ada noda bekas obat afdruk lama). Selanjutnya buat campuran obat afdruk untuk kain (tekstil), masukkan obat afdruk secukupnya dan beri beberapa tetes emulsi (sensitizer) sebagai campurannya kedalam gelas atau tempat yang sudah kita siapkan dan aduk hingga rata.

Penting!!!  Saat membeli obat afdruk kita mendapatkan 2 botol obat, satu botol besar obat afdruk dan sensitizer dalam botol kecil, pastikan obat afdruk untuk tekstil dan jangan pernah langsung mencampur keduanya sekaligus karena obat afdruk akan cepat rusak, buat secukupnya saja sesuai dengan banyaknya screen yang akan kita afdruk;


Langkah 2;
Pengolesan screen, tuang obat afdruk yang telah kita campur tadi kebagian luar screen,


Ratakan dengan alat yang telah disediakan (seperti mika, penggaris atau sejenisnya). Lakukan hal yang sama dibagian dalam screen. Sampai obat benar-benar rata menutupi pori-pori kedua sisi dari screen tersebut.



Langkah 3;
Keringkan screen dengan hairdryer dalam ruangan gelap/tidak ada cahaya matahari (tidak perlu terlalu gelap amet ntar gak bisa melihat masbro),

Langkah 4;
Masih dalam ruangan gelap siapkan meja afdruk, bersihkan permukaan kacanya dan pastikan lampu dan kelengkapan lainnya siap., tempelkan film pada posisi yang benar (terbaca) diatas meja afdruk, selanjutnya letakkan screen dengan posisi bagian dalam diatas.


Langkah 5;
Letakkan kain hitam dan busa spon diatas screen, sesuaikan dengan ukuran midangan screen.



Selanjutnya sebagai perata busa spon letakkan triplek tebal diatas screen;



Dan letakkan pemberat diatasnya;



Langkah 6;
Nyalakan lampu pada meja afdruk, jika yang dipergunakan adalah lampu 2 x 20 watt, waktu penyinaran  10 menit untuk screen warna putih dan 15 menit untuk screen warna kuning;



Setelah selesai proses penyinaran, segera matikan lampu, angkat pemberat, lepas spon dan kain hitam, lepas film yang menempel pada bagian luar screen dan segera guyur dengan air. Setelah diguyur dengan air maka akan kelihatan perubahan warna pada bagian yang di film tadi. Warna yang biasanya cenderung muda dan tembus pandang itu adalah area gambar hasil afdruk tadi. Semprot dengan semprotan air secara perlahan pada area tersebut sehingga gambar yang diinginkan akan terbentuk sempurna dan seluruh pori-pori terbuka. Jangan memegang atau menyentuh keras kain screen pada sat proses ini. Teliti kembali screen yang telah diafdruk tersebut. Jika terdapat lubang-lubang kecil yang tidak kita inginkan sebagai akibat dari permukaan meja atau gambar klise yang kotor segera lakukan penursiran (tursir) denga sisa obat afdruk dan menggunakan lidi. Keringkan screen dan screen sablon kaos siap dipakai.

fungsi tool book corel draw

Toolbox pada CorelDRAW bisa diartikan sebagai kotak perkakas yang berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat dan memodifikasi objek. Beberapa tool secara default terlihat pada Toolbox, tapi beberapa tool tidak terlihat. Untuk memunculkan tool yang tersembunyi kita harus klik pada panah kecil yang ada dipojok kanan bawah tool yang terlihat, dengan klik panah kecil tersebut akan terbuka atau muncul flyout yang berisi tool-tool yang tersembunyi. Flyout yang terbuka akan menampilkan sekumpulan tool CorelDraw yang berkaitan dengan toolbox yang dibuka, panah kecil pada bagian pojok kanan bawah toolbox menandakan adanya flyout pada tombol tersebut.

Dibawah ini adalah Toolbox pada CorelDRAW X6
Pick tool; untuk memilih atau menyeleksi dan mengatur ukuran, memiringkan, dan memutar objek
Freehand Pick tool; untuk menyeleksi objek dengan bebas
Shape tool; untuk mengedit bentuk objek kurva.
Smudge brush tool; untuk mengubah objek vektor dengan cara men-drag sepanjang garis luar.
Roughen brush tool; untuk mengubah garis luar dari objek vektor dengan cara men-drag sepanjang garis luar.
Free transform tool; untuk mengubah suatu objek dengan menggunakan Free rotation, angle rotation, Scale, dan Skew tool.
Croop tool; untuk menghilangkan area yang tidak dikehendaki.
Knife tool; untuk memotong objek.
Eraser tool; untuk menghilangkan daerah yang tidak diinginkan pada gambar anda.
Virtual segment delete tool; untuk menghapus bagian dari objek-objek diantara persimpangan.
Zoom tool; untuk merubah perbesaran level dalam jendela kerja.
Pan tool; untuk mengontrol bagian gambar mana yang akan di gambar ulang dalam jendela kerja
Freehand tool; untuk menggambar garis tunggal dan kurva.
Bèzier tool; untuk menggambar kurva satu bagian pada waktu yang sama.
Artistic media tool; menyediakan akses pada Brush, Sprayer, Calligraphic, dan Pressure tool.
Pen tool; untuk menggambar kurva satu segmen pada satu waktu.
Polyline tool; untuk menggambar garis-garis dan kurva.
3 Point curve tool; untuk menggambar suatu kurva dengan menentukan titik awal, akhir, dan titik tengah
Smart fill tool; untuk mewarnai objek-objek yang terlampir, tool ini dapat mewarnai isi dan garis dari objek tersebut dan objek yang telah terisi dapat dipisahkan dengan gambar dasarnya.
Smart drawing tool; mengubah coretan-coretan tangan menjadi garis yang halus dan sempurna.
Rectangle tool; untuk menggambar bujur sangkar dan kotak.
3 point rectangle tool; untuk menggambar bujur sangkar pada suatu sudut tertentu.
Ellipse tool; untuk menggambar bentuk lonjong atau lingkaran.
3 point ellipse tool; untuk menggambar bentuk lonjong atau lingkaran pada suatu sudut tertentu.
Polygon tool; untuk menggambar poligon atau bintang secara simetris.
Star tool; untuk menggambar bentuk bintang yang sempurna.
Complex star tool; untuk mengggambar bentuk bintang yang komplek atau bintang yang mempunyai banyak sisi.
Graph paper tool; digunakan untuk menggambar sekat yang terdiri dari garis-garis serupa.
Spiral tool; digunakan untuk menggambar spiral.
Basic shape tool; untuk memilih bermacam-macam bentuk, termasuk bentuk smile, halilintar, bentuk hati, dan lain-lain.
Arrow shape tool; untuk menggambar beraneka ragam jenis bentuk panah, dan arah panah.
Flowchart shapes tool; untuk menggambar symbol flowchart.
Banner shapes tool; untuk menggambar bentuk yang menyerupai pita atau efek ledakan.
Callout shapes tool; untuk membuat label dan callout.
Text tool; untuk menuliskan kata secara langsung pada layar sebagai paragrap atau artistik teks.
Table tool; untuk membuat dan meng-edit tabel
Dimension tool terdiri dari :
Parallel Dimension; untuk membuat garis ukuran dimensi miring

Horizontal or Vertical Dimension; untuk membuat garis ukuran dimensi horizontal dan vertikal
Angular Dimension; untuk membuat garis ukuran segitiga atau sudut
Segment Dimension; untuk menampilkan dimensi antara titik terakhir pada satu atau beberapa bagian
3-Point Callout; untuk membuat garis petunjuk, yang terdiri dari tiga titik yang membentuk garis untuk petunjuk atau keterangan.
Interactve connector tool terdiri dari;
Straight-Line Connector; untuk membuat konektor lurus
Right-Angle Connector; untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tajam
Right-Angle Round Connector; untuk membuat konektor siku-siku dengan sudut tumpul
Edit Anchor; untuk memodifikasi garis konektor
Interactive blend tool; untuk mencampur dua objek
Interactive contour tool; untuk membuat suatu bentuk garis luar pada suatu objek menggunakan bentuk dasarnya.
Interactive distortion tool; untuk melakukan penyimpangan pada suatu objek, tool ini mempunyai 3 bentuk penyimpangan dasar yaitu: Push and Pull Distortion, Zipper Distortion, atau Twister Distortion.
Interactive drop shadow tool; untuk memberikan bayangan pada suatu objek.
Interactive envelope; untuk menyimpangkan suatu objek dengan cara men-drag node.
Interactive extrude; untuk membuat suatu ilusi kedalaman pada objek.
Interactive transparency tool; untuk membuat objek menjadi transparan.
Color Eyedropper tool; untuk memilih dan menyalin properti pada objek, seperti halnya fill, ketebalan garis, ukuran, dan efek, dari suatu objek pada jendela gambar, yang disertai tampilan code HTML warna
Attributes Eyedropper tool; untuk memilih dan menyalin properti pada objek, seperti halnya fill, ketebalan garis, ukuran, dan efek, dari suatu objek pada jendela gambar.
Paintbucket tool; untuk objek properti, seperti halnya fill, ketebalan garis, pada suatu objek dalam jendela gambar setelah anda memilih properti ini dengan menggunakan Color Eyedropper tool atau Attributes Eyedropper tool
Outline tool; Ketika kita memilih tool ini flyout akan muncun dan memberikan akses cepat ke beberapa fasilitas, seperti kotak dialog Outline Pen dan Outline Color
Fill tool; seperti halnya Outline tool ketika kita memilih Fill tool ini flyout akan muncul dan memberikan akses cepat ke beberapa fasilitas, seperti ke kotak dialog Fill (Uniform Fill, Fontain Fill, dsb)
Interactive fill tool; untuk memberi warna dengan beberapa variasi  gradasi fill
Interactive mesh tool; untuk memberi warna gradasi fill menggunakan garis (grid) yang terdiri dari beberapa node.

bunuh biling di warnet

Maafkan aku kawan… aku terpaksa melakukan kecurangan ini semua Demi kantongku yang lagi bolong, tetapi kebutuhanku yang sangat mendesak. Bisiku dalam hati saat menyerahkan lembaran uang di sebuah warnet sore itu, tuk bayar penggunaan internet sesuai dengan yang tertera di billing-nya.
Mas Bro…

Ini hanya jurus kepepet, tidak untuk dipergunakan sehari-hari. Just Info sajah… tapi kalo ada yang mo nyobain pun silahkan. Dengan syarat: “Segala akibat dan dosa diluar tanggung jawab nyang posting…!”
Hari minggu kemaren lagi butuh banget ma tu software, mo dunlut di kompi rumah si M2 quota-nya lagi abis. Tau sendiri kali, M2 kalo quota dah abis, gilaaaa.. leletnya menta ampun buka satu halaman aja bisa lima ampe sepuluh menit baru kebuka.
Sesaat aku hanya diam termenung, harus bagaimana ini..? Mo ke warnet, aku periksa harta kekayaanku yang nyisa Cuma empat lembar 1000-an. Kalo dijumlahin cuman ada 4 rebu perak. dan itu ga bakalan nyukup tuk donlot file yang lumayan gede, paling ngga butuh waktu sejam lebih.
Disaat-saat genting seperti itu, datanglah sang iblis dengan segala tipu dayanya membisikan sesuatu di telinga kiriku.
“Bos.. software yang waktu ntu bos punya kan masih ada, ya udah pake software tu aja dulu buat ngebunuh billingnya, biar billingnya ga jalan trus ga bayar deh pake warnetnya..  !”
“Ga ah..! gw dah ingsaf, da gitu-gituan lagi..” bantahku segera demi denger tu bisikan si iblis yang ngajakin aku tuk bercurang ria di warnet orang.
“Yah.. payah si bos…, ga papa bos lha Cuma sekaliii ini aja. Ga dosa ko, daripada bos ga bisa donlot program yang bos mau..? hayo…?.” timpal si iblis lagi berusaha memaksaku.
Lama kelamaan, dipikir.., dipikir lagi.. akhirnya aku pun terbujuk oleh rayuan-rayuannya. Tanpa berlama-lama lagi akupun segera berangkat mengendarai roda duaku tuk nyari warnet sasaran yang cocok tuk aku curangin. Setelah lumayan mutat-muter, walhasil didapatlah setumpuk warnet yang cokpis (cocok pisan) tuk aku jailin.
Syarat pertama:
Spec warnet tersebut,
  1. Terdiri dari dua lantai
  2. Komputer / billing client ada di lantai atas, sedang server-nya ada di lantai bawah. (jadi lebih enak, aku bisa lebih jongjon di atas cause satpamnya ada dibawah semua).
“Da yang kosong mas..?” tanyaku ma yang jaga.
“Ada, naik aja ke atas.” Jawabnya, sambil anteng lagi men game juga ternyata tu operatornya. Wahh.. mantap banget ni pikirku. Tanpa disuruh duakali aku pun segera naik ke lantai atas, dan kulihat ternyata lumayan banyak juga yang kosong, ada 4 kompi yang kosong.
Syarat kedua:
  1. Lebih baik / usahakan warnet tersebut tidak penuh, atau ada beberapa kompi yang kosong, tuk ngilangin kecurigaan.
Aku pun segera ambil posisi, kompi kebetulan sudah berada dalam posisi menyala, jadi ga perlu aku nyalain sendiri.
Di monitor aku sudah dihadapkan dengan tampilan billing explorer yang sengaja menutupi kompi dan memaksa aku tuk log in. Saat itu aku hanya manut aja, aku pun log in di billing explorer seperti biasa. Jendela windows sudah terbuka seperti biasa, dan sang billing pun sudah mulai mencatat time dan biaya yang harus aku keluarkan nanti. Segera ku tusukkan flashdisk aku yang sudah terisi software yang akan aku pakai buat nge-bunuh billing nantinya.
Syarat ketiga:
  1. Mas Bro harus persiapkan program yang namanya Zhider. Nah program ini yang nantinya akan dipakai tuk mematikan billing explorer. Mas bro bisa donlot DISINIH.
  2. Kemudian jalankan program Zhider yang udah ada di flashdisk tersebut. (biasanya Zhider tidak menampilkan jendela apapun saat dibuka, tapi sesungguhnya dia udah bekerja dibelakang layar kita.)
  3. Setelah program Zhider dibuka, klik billing explorer dan logout alias keluar dari billing.
Setelah logout dari billing tadi, otomatis jendela log in billing akan kembali muncul dan menutupi seluruh monitor, yang akan memaksa kita tuk kembali log in.
  1. Jangan diturutin keinginan si billing yang nyuruh kita log in disana. Justru disinilah kita mulai bunuh tu billing.
  2. Di screen log in tersebut, tekan CTRL+ALT+Z berbarengan.
Hasilnya, log in screen tersebut sekarang telah menghilang entah kemana dari pandangan, kembali ke jendela windows seperti biasa. Dan aku pun sekarang dengan leluasa donlot, berselancar, apapun di internet warnet tanpa harus di kuntit si billing.
Satu jam lebih barulah selesai aku nge-donlot software yang aku butuhkan itu, setelah semuanya rapih kembali, jendela-jendela browser telah aku tutup, file software yang dicari telah aman masuk ke flashdisk, sekarang Saatnya mengakhiri.
  1. Tekan CTRL+ALT+X bareng-bareng tuk munculin lagi log in screen billing yang tadi sempet kabur entah kemana.
Sedikit trik, aku kembali log in seperti biasa di billing. Kelalang-keliling kemana ke, berkunjung kesana kemari ga jelas, Cuma buat ngepas-in biaya yang harus dibayar aja nantinya di billing. Aku perhatikan terus billing yang lagi ngitung biaya pemakaianku, setelah berada di batas biaya yang aku inginkan, sesuai dengan dana yang aku miliki aku segera klik logout di billing dan secepatnya melesat turun ke lantai bawah.
“Berapa Mas…?” tanyaku di meja opr warnet. Walaupun dah ketahuan kok di billing juga berapa sebenarnya biaya yang harus aku bayar.
“3000 aja om..” jawabnya. Aku pun segera mengeluarkan dana yang disebutkan.
“Makasih mas..” kataku sambil menyerahkan lembaran uang 3000 rupiah, dan segera beranjak pergi meninggalkan tu warnet. KABUUURRRRR…………… di atas roda duaku, samar-samar kudengar si iblis tertawa dengan bangga dan senangnya…
Huahahahahahahahahhaha…………………………………
PESAN DARI SORGA..!
“Lebih baik jangan kau lakukan perbuatan curang tersebut.. karena sesungguhnya perbuatan itu tidak di Ridhoi oleh Allah SWT..”
PESAN UNTUK OPR WARNET..!
Perhatikan setiap kegiatan PC dan Billing servernya. jangan kebanyakan keluyuran n terlalu anteng maen game nyampe para pengguna warnet ka keperhatiin.. :-D

cara sablon manual

Wahh.., lama ga posting ni.. entah karena kesibukan ato kemalasan, nyang jelas baru mo post lagi ni.
Post kali ini saya mo post tentang teknik sablon kaos demi Memenuhi permintaan dari seseorang yang bertanya ma saya tentang persablonan. Mungkin karena tau saya dahulu kala pernah bergerak di bidang sablon menyablon.
Ok lah.. langsung aja ke pointnya, disini saya akan menjelaskan tentang teknik sablon kaos dari mulai peralatan, bahan dan proess secara garis besarnya ajah.. siap Mas Bro..?
1. Siapkan alat dan bahan
a. Screen (kain gasa terbuat dari Polyster/Nylon)

Screen atau kain gasa adalah sehelai kain yang punya kerapatan tertentu dan direntangkan diatas bingkai kayu atau alumunium. Kerapatan screen berbeda-beda untuk setiap media yang akan disablon. Untuk media sablon kain atau kaos, biasanya memakain screen dengan ukuran kerapatan T48, T54, T61, T77 dan T90 yang mana ukuran tersebut mempunyai pori-pori yang kasar.

b.      Rakel (alat sapu terbuat dari karet sintetis)
Rakel terbuat dari karet sintetis dan dipasang di gagang kayu yang digunakan sebagai alat penyapu tinta di atas screen. Rakel mempunyai bermacam jenis sesuai kegunaannya masing-masing, dapat dibedakan dari ujung mata dari karetnya tersebut. Beberapa rakel yang banyak dijumpai dipasaran diantaranya: Rakel Segitiga, (Digunakan untuk sablon dengan hasil tipis), Rakel Cembung, (Digunakan untuk sablon dengan hasil tebal), Rakel segi empat, (Bisa digunakan untuk hasil tebal maupun tipis).
Untuk Sablon di media kaos saya sendiri lebih memilih untuk memakai Rakel cembung. Atau sebenarnya penggunaan rakel disesuaikan juga dengan kebutuhan hasil yang diinginkan. (kumaha kalincahan maenkeun tangan we lah… hehe..).

c. Obat Afdruk (Apreuk ; bs sunda)
Yaitu terdiri dari dua komponen cairan kental/emulsion dan sensitizer yang biasanya berwarna orange dan berwadah lebih kecil dari emulsion-nya. Obat afdruk (asa teu pantes nyebut obat teh lah.. jiga jang nu gering bae… kita sebut ULANO sajah yah..). ULANO hanya salah satu merk dari peranti tersebut, walaupun sebenarnya masih banyak brand-brand obat afdruk yang lain yang ada dipasaran. Tetapi disini kita pakai ulano sajah yang kebanyakan dipakai orang.
Ada dua macam jenis dari ulano sesuai penggunaannya.
Ulano 133, 569
untuk penyablonan menggunakan cat minyak (oil base), seperti M3, M4, Terpin, Bensin maupun minyak tanah.
Ulano TZ-TZD
penyablonan menggunakan cat air (water base) seperti tekstil color, Pigmen, dan tinta-tinta lain yang berbasis air.

d. Mika
Boleh pakai penggaris, mistar, jidar, bekas kartu nama, ato bekas kartu perdana, ato kartu remi. Digunakan untuk menyaputkan Ulano di atas screen supaya rata dan tipis disaat akan melangsungkan prosesi afdruk.

e. Busa dan Kaca
Busa usahakan yang berwarna hitam dengan tebal sekitar kurang lebih 5cm atau disesuaikan sajah, besarnya juga disesuaikan dengan besar screen yang akan dipakai.
Kaca dengan tebal 5mm besarnya disesuaikan pula dengan screen yang akan dipakai.
Busa dan kaca tersebut nantinya digunakan untuk menjepit film di atas screen saat prosesi afdruk.

f. Semprotan air
Menggunakan semprotan air biasa ga usah pake steem. Digunakan untuk membersihkan sisa emulsi yang masih menempel di screen saat pencucian hasil afdruk.

g. Triplek
Ga usah gede-gede, sesuaikan saja dengan besar media kaos yang akan di sablon. Triplek digunakan untuk alas kaos ketika proses sablon berlangsung.

h. Lem Kaos / lem sticker
Lem digunakan untuk merekatkan kaos di triplek atau alas supaya kaos tidak bergeser saat disablon, selain itu saat berguna pula ketika melakukan penyablonan dengan banyak warna. Lem beragam macam dipasaran, ada yang spray ada juga yang cairan biasa dioleskan dengan kuas.

i. Hairdryer
Hairdryer yang biasa dipake ibu-ibu bebenah rambut. Digunakan untuk mengeringkan Ulano setelah disaputkan ke screen.

j. Tinta Sablon
Tinta untuk sablon banyak macamnya, penggunaan tinta harus disesuaikan dengan media yang akan disablon. Untuk pencetakan diatas media plastic, kertas, kain, kulit, kaos, kaca, dll mempunyai jenis tinta masing-masing. Karena disini yang akan dibahas hanya sablon kaos, makana hanya tinta tekstil ajah yang akan saya jelaskan disinih:
- Tinta Karet
Tinta ini bias dipakai untuk semua bahan jenis katun atau semi polyester. Tetapi walaupun begitu, jika ternyata kandungan polyester kain tersebut terlalu tinggi, disarankan memakai tinta karet yang khusus diformulasikan untuk bahan polyester.
Pencampuran tinta karet dan pigmen ada takaran tertentu agar hasil yang didapat maksimal, yaitu 9:1 dimana untuk 1 kg tinta pencampurannya yaitu 900gr tinta karet dan 100gr pigmen warna.
- Rubber Transparant / GL Transparant
Sesuai dengan namanya, tinta ini bersifat transparan ato tembus pandang. Sangat cocok untuk sablon separasi dan raster halus juga memiliki kepekatan warna yang lebih gelap dibandingkan dengan pasta karet biasa. Tetapi tinta ini tidak bisa digunakan diatas media kain yang berwarna gelap karena sifatnya yang transparan. Kalau dipakai diatas kain yang berwarna gelap harus di blok putih dulu.
- Medium / Extender / Pigmen
Sama seperti jenis tinta diatas, tinta jenis ini juga mempunyai sifat tembus pandang alias transparan, tetapi kualitasnya tidak sebagus GL transparan. Tinta ini biasanya digunakan untuk pencetakan yang tidak begitu memerlukan kualitas prima. (murah meriah…)
- Puff / Foaming
Tinta jenis ini akan mengembang bila melalui proses curing (pengepresan) yang benar. Efek pengembangannya dapat diatur dengan menambahkan pasta karet kedalamnya. Selain itu lamanya pengepresan dan suhu panas dalam proses pengepresan sangat mempengaruhi hasil pengembangan dari tinta ini.
- Tinta Plastisol
Tinta yang satu ini boleh dibilang jarang digunakan oleh penyablon-penyablon biasa, mengingat harganya yang lumayan mahal juga proses dan peralatan yang digunakan pun cukup mahal pula untuk melakukan proses drying dan curingnya. Karena tinta ini cukup unik, dia tidak akan mengering tanpa melalui proses curing yang benar. Tinta ini sangat kuat dan tidak mudah rusak saat pencucian. Selain itu dapat menghasilkan warna-warna yang mantapp, terutama untuk penyablonan raster yang membutuhkan detail tinggi.
- Super White
Hampir mirip dengan tinta GL, tetapi memiliki kelebihan daya tutup yang lebih baik dan menghasilkan warna putih yang tegas dan terang. Sangat cocok untuk sablon diatas kain yang berwarna gelap.
Penjelasan mengenai tinta mungkin cukup segitu dulu ajah lah.. walau sebenarnya masih banyak selain dari jenis-jenis tinta diatas  berikut aksesories-aksesories tambahan lainnya yang suka dipakai oleh para penyablon. Mungkin bias dibahas lagi di laen postingan lah…. J
Ok deh.. Om Bro..Mas Bro.. sepertinya peralatan dan perlengkapan kita diatas sudah cukup memenuhi untuk praktek dasar sablon kaos. Sekarang mari kita langsung menuju proses sablon dari awal.
1. Proses pembuatan film / klise
Film atau klise adalah gambar atau desain yang di print diatas plastic transparan atau kertas kalkir. Pembuatan film bisa kita kerjakan sendiri kalau bisa maenin program-program desain grafis vector seperti corel draw atau freehand atau dll. Kalau kemampuan kita terbatas dalam menggunakan program-program tersebut, baiknya kita mafaatkan saja jasa tukang setting. Banyak kok bertebaran jasa-jasa tukang setting, kita tinggal berikan saja konsep dari desain yang kita inginkan, nanti biar tukang settingnya sendiri nyang repot..
Disini sebagai contoh saya punya film nyang lagi di print dapet dari buka-buka kakus… aeh kaskus…

2. Proses Afdruk
Yaitu sebuah prosesi pemindahan gambar yang ada di film/klise ke screen sehingga screen siap digunakan untuk mencetak gambar di puluhan bahkan ratusan kaos.
Berikut prosesnya:
a. Siapkan screen kosong, bersihkan dan pastikan tidak ada kotoran sedikitpun yang menghalangi pori-pori kain screen.
b. Siapkan adonan afdruk dengan mencampur Ulano emulsion dan sensitizer secukupnya dengan perbandingan 1:9, yaitu 1 sensitizer, 9 emulsion diaduk sampai benar-benar nyampur.
c. Saputkan adonan Ulano di permukaan screen luar dalam menggunakan mika, penggaris, atau apa saja yang penting rata.

d. Setelah benar-benar disaputkan rata diatas screen, kemudian keringkan menggunakan hairdryer atau bisa juga menggunakan kipas angin.

PENTING..!
Selama proses penampuran adonan Ulano, penyaputan diatas screen sampai pengeringan, baiknya dikerjakan di ruangan yang tidak terlalu terkena cahaya matahari atau lampu yang kuat. Karena Ulano yang telah dicampur dengan sensitizer mempunyai kepekaan terhadap cahaya, sehingga bisa menyebabkan proses afdruk gagal.
e. Setelah kering, kemudian ambil film/klise, busa dan kaca  yang telah kita siapkan tadi. Ganjalkan busa dibagian bawah screen, letakan film diatas screen dengan posisi terbalik lalu jepit dan tekan dengan kaca.

Setelah langkah-langkah diatas selesai, barulah screen yang telah kita lengkapi dengan busa, kaca, film, yang telah kita tumpuk tadi dibawa keluar untuk menerima pencahayaan dari sinar matahari langsung. Proses penyinaran tidak perlu lama-lama, perkirakan saja sekitar 20 – 30 detik. Apalagi kalau kondisi cahaya matahari lagi terik sangat.
f. Setelah proses pencahayaan dirasa cukup, screen kita bawa kembali ke tempat teduh, busa, kaca, dan film yang tadi numpuk diatas screen kita lepaskan kemudian siramlah screen dengan air untuk memunculkan gambar yang telah tercetak di atas screen hasil penyinaran dari proses afdruk tadi. Bersihkan dan perjelas gambar yang Nampak di screen menggunakan semprotan.

Setelah gambar di screen sudah cukup jelas dan bersih keringkan kembali screen, bias kembali memakai hairdryer atau dijemur di terik matahari. Setelah kering screen baru siap untuk digunakan.
4. Proses penyablonan
Setelah proses afdruk diatas rampung, kita lanjutkan dengan proses penyablonan. Untuk peraktek kali ini, kita gunakan saja tinta GL biasa.
a. Ambil triplek dan lem kaos yang telah kita siapkan tadi, lalu semprotkan atau sapukan secara merata lem di permukaan triplek. Ini berguna agar kaos tidak bergeser saat penyablonan.
b. Setelah dirasa lem sudah merata dioleskan keseluruh permukaan triplek, masukan triplek kedalam kaos yang akan kita sablon dan ratakan dengan tangan jangan sampai ada kerutan-kerutan dipermukaan kaos.

c. Sekarang kaos telah siap untuk disablon. Letakan screen yang telah kita afdruk tadi di atas kaos, posisikan letak gambar ditengah kaos atau terserah disebelah mana sesuai keinginan kita.

d. Setelah langkah diatas rampung, tuangkan cat di atas screen. Cat dituangkan diluar gambar yang akan kita sablon.

e. Setelah cat dituangkan rata dari ujung ke ujung, kini saatnya penyapuan tinta menggunakan rakel yang telah kita persiapkan. Dalam penyapuan tinta, rakel jangan terlalu ditekan juga jangan terlalu ngangkang, sedang-sedang saja. Disini diperlukan latihan terus-menerus, nantinya akan ketemu dengan sendirinya seperti apa dan bagaimana penekanan rakel saat penyapuan tinta agar menghasilkan sablonan yang bagus. Perhatikan, screen jangan sampai bergeser saat penyapuan tinta.

f. Setelah tinta rata disapukan dengan rakel keseluruh permukaan gambar, angkat screen dan lihat hasilnya. Kaos telah berhasil kita sablon, keringkan dengan dijemur dengan tanpa membuka dulu alas tripleknya.
Proses penyablonan selesai.
Teknik diatas hanyalah teknik dasar sablon kaos. Sebenarnya ada berbagai macam trik-trik lagi yang suka dipakai para penyablon-penyablon dalam prosesi sablon kaos untuk membuahkan hasil yang maksimal. Dalam hal ini latihan-latihan dan percobaan-percobaan sangat membantu keterampilan kita dalam menyablon.
Cukup disinilah dulu postingan saya tentang teknik dasar sablon kaos Mas Bro.. n tarima kasih bagi pemilik gambar-gambar di kaskus yang udah saya pinjam gambar-gambarnya. Berhubung saya kaga punya foto-foto proses sablon saya sendiri..
Sakian,  semoga dapat dipahami dan bermanfaat…..
Wahh.., lama ga posting ni.. entah karena kesibukan ato kemalasan, nyang jelas baru mo post lagi ni.
Post kali ini saya mo post tentang teknik sablon kaos demi Memenuhi permintaan dari seseorang yang bertanya ma saya tentang persablonan. Mungkin karena tau saya dahulu kala pernah bergerak di bidang sablon menyablon.
Ok lah.. langsung aja ke pointnya, disini saya akan menjelaskan tentang teknik sablon kaos dari mulai peralatan, bahan dan proess secara garis besarnya ajah.. siap Mas Bro..?
1. Siapkan alat dan bahan
a. Screen (kain gasa terbuat dari Polyster/Nylon)

Screen atau kain gasa adalah sehelai kain yang punya kerapatan tertentu dan direntangkan diatas bingkai kayu atau alumunium. Kerapatan screen berbeda-beda untuk setiap media yang akan disablon. Untuk media sablon kain atau kaos, biasanya memakain screen dengan ukuran kerapatan T48, T54, T61, T77 dan T90 yang mana ukuran tersebut mempunyai pori-pori yang kasar.

b.      Rakel (alat sapu terbuat dari karet sintetis)
Rakel terbuat dari karet sintetis dan dipasang di gagang kayu yang digunakan sebagai alat penyapu tinta di atas screen. Rakel mempunyai bermacam jenis sesuai kegunaannya masing-masing, dapat dibedakan dari ujung mata dari karetnya tersebut. Beberapa rakel yang banyak dijumpai dipasaran diantaranya: Rakel Segitiga, (Digunakan untuk sablon dengan hasil tipis), Rakel Cembung, (Digunakan untuk sablon dengan hasil tebal), Rakel segi empat, (Bisa digunakan untuk hasil tebal maupun tipis).
Untuk Sablon di media kaos saya sendiri lebih memilih untuk memakai Rakel cembung. Atau sebenarnya penggunaan rakel disesuaikan juga dengan kebutuhan hasil yang diinginkan. (kumaha kalincahan maenkeun tangan we lah… hehe..).

c. Obat Afdruk (Apreuk ; bs sunda)
Yaitu terdiri dari dua komponen cairan kental/emulsion dan sensitizer yang biasanya berwarna orange dan berwadah lebih kecil dari emulsion-nya. Obat afdruk (asa teu pantes nyebut obat teh lah.. jiga jang nu gering bae… kita sebut ULANO sajah yah..). ULANO hanya salah satu merk dari peranti tersebut, walaupun sebenarnya masih banyak brand-brand obat afdruk yang lain yang ada dipasaran. Tetapi disini kita pakai ulano sajah yang kebanyakan dipakai orang.
Ada dua macam jenis dari ulano sesuai penggunaannya.
Ulano 133, 569
untuk penyablonan menggunakan cat minyak (oil base), seperti M3, M4, Terpin, Bensin maupun minyak tanah.
Ulano TZ-TZD
penyablonan menggunakan cat air (water base) seperti tekstil color, Pigmen, dan tinta-tinta lain yang berbasis air.

d. Mika
Boleh pakai penggaris, mistar, jidar, bekas kartu nama, ato bekas kartu perdana, ato kartu remi. Digunakan untuk menyaputkan Ulano di atas screen supaya rata dan tipis disaat akan melangsungkan prosesi afdruk.

e. Busa dan Kaca
Busa usahakan yang berwarna hitam dengan tebal sekitar kurang lebih 5cm atau disesuaikan sajah, besarnya juga disesuaikan dengan besar screen yang akan dipakai.
Kaca dengan tebal 5mm besarnya disesuaikan pula dengan screen yang akan dipakai.
Busa dan kaca tersebut nantinya digunakan untuk menjepit film di atas screen saat prosesi afdruk.

f. Semprotan air
Menggunakan semprotan air biasa ga usah pake steem. Digunakan untuk membersihkan sisa emulsi yang masih menempel di screen saat pencucian hasil afdruk.

g. Triplek
Ga usah gede-gede, sesuaikan saja dengan besar media kaos yang akan di sablon. Triplek digunakan untuk alas kaos ketika proses sablon berlangsung.

h. Lem Kaos / lem sticker
Lem digunakan untuk merekatkan kaos di triplek atau alas supaya kaos tidak bergeser saat disablon, selain itu saat berguna pula ketika melakukan penyablonan dengan banyak warna. Lem beragam macam dipasaran, ada yang spray ada juga yang cairan biasa dioleskan dengan kuas.

i. Hairdryer
Hairdryer yang biasa dipake ibu-ibu bebenah rambut. Digunakan untuk mengeringkan Ulano setelah disaputkan ke screen.

j. Tinta Sablon
Tinta untuk sablon banyak macamnya, penggunaan tinta harus disesuaikan dengan media yang akan disablon. Untuk pencetakan diatas media plastic, kertas, kain, kulit, kaos, kaca, dll mempunyai jenis tinta masing-masing. Karena disini yang akan dibahas hanya sablon kaos, makana hanya tinta tekstil ajah yang akan saya jelaskan disinih:
- Tinta Karet
Tinta ini bias dipakai untuk semua bahan jenis katun atau semi polyester. Tetapi walaupun begitu, jika ternyata kandungan polyester kain tersebut terlalu tinggi, disarankan memakai tinta karet yang khusus diformulasikan untuk bahan polyester.
Pencampuran tinta karet dan pigmen ada takaran tertentu agar hasil yang didapat maksimal, yaitu 9:1 dimana untuk 1 kg tinta pencampurannya yaitu 900gr tinta karet dan 100gr pigmen warna.
- Rubber Transparant / GL Transparant
Sesuai dengan namanya, tinta ini bersifat transparan ato tembus pandang. Sangat cocok untuk sablon separasi dan raster halus juga memiliki kepekatan warna yang lebih gelap dibandingkan dengan pasta karet biasa. Tetapi tinta ini tidak bisa digunakan diatas media kain yang berwarna gelap karena sifatnya yang transparan. Kalau dipakai diatas kain yang berwarna gelap harus di blok putih dulu.
- Medium / Extender / Pigmen
Sama seperti jenis tinta diatas, tinta jenis ini juga mempunyai sifat tembus pandang alias transparan, tetapi kualitasnya tidak sebagus GL transparan. Tinta ini biasanya digunakan untuk pencetakan yang tidak begitu memerlukan kualitas prima. (murah meriah…)
- Puff / Foaming
Tinta jenis ini akan mengembang bila melalui proses curing (pengepresan) yang benar. Efek pengembangannya dapat diatur dengan menambahkan pasta karet kedalamnya. Selain itu lamanya pengepresan dan suhu panas dalam proses pengepresan sangat mempengaruhi hasil pengembangan dari tinta ini.
- Tinta Plastisol
Tinta yang satu ini boleh dibilang jarang digunakan oleh penyablon-penyablon biasa, mengingat harganya yang lumayan mahal juga proses dan peralatan yang digunakan pun cukup mahal pula untuk melakukan proses drying dan curingnya. Karena tinta ini cukup unik, dia tidak akan mengering tanpa melalui proses curing yang benar. Tinta ini sangat kuat dan tidak mudah rusak saat pencucian. Selain itu dapat menghasilkan warna-warna yang mantapp, terutama untuk penyablonan raster yang membutuhkan detail tinggi.
- Super White
Hampir mirip dengan tinta GL, tetapi memiliki kelebihan daya tutup yang lebih baik dan menghasilkan warna putih yang tegas dan terang. Sangat cocok untuk sablon diatas kain yang berwarna gelap.
Penjelasan mengenai tinta mungkin cukup segitu dulu ajah lah.. walau sebenarnya masih banyak selain dari jenis-jenis tinta diatas  berikut aksesories-aksesories tambahan lainnya yang suka dipakai oleh para penyablon. Mungkin bias dibahas lagi di laen postingan lah…. J
Ok deh.. Om Bro..Mas Bro.. sepertinya peralatan dan perlengkapan kita diatas sudah cukup memenuhi untuk praktek dasar sablon kaos. Sekarang mari kita langsung menuju proses sablon dari awal.
1. Proses pembuatan film / klise
Film atau klise adalah gambar atau desain yang di print diatas plastic transparan atau kertas kalkir. Pembuatan film bisa kita kerjakan sendiri kalau bisa maenin program-program desain grafis vector seperti corel draw atau freehand atau dll. Kalau kemampuan kita terbatas dalam menggunakan program-program tersebut, baiknya kita mafaatkan saja jasa tukang setting. Banyak kok bertebaran jasa-jasa tukang setting, kita tinggal berikan saja konsep dari desain yang kita inginkan, nanti biar tukang settingnya sendiri nyang repot..
Disini sebagai contoh saya punya film nyang lagi di print dapet dari buka-buka kakus… aeh kaskus…

2. Proses Afdruk
Yaitu sebuah prosesi pemindahan gambar yang ada di film/klise ke screen sehingga screen siap digunakan untuk mencetak gambar di puluhan bahkan ratusan kaos.
Berikut prosesnya:
a. Siapkan screen kosong, bersihkan dan pastikan tidak ada kotoran sedikitpun yang menghalangi pori-pori kain screen.
b. Siapkan adonan afdruk dengan mencampur Ulano emulsion dan sensitizer secukupnya dengan perbandingan 1:9, yaitu 1 sensitizer, 9 emulsion diaduk sampai benar-benar nyampur.
c. Saputkan adonan Ulano di permukaan screen luar dalam menggunakan mika, penggaris, atau apa saja yang penting rata.

d. Setelah benar-benar disaputkan rata diatas screen, kemudian keringkan menggunakan hairdryer atau bisa juga menggunakan kipas angin.

PENTING..!
Selama proses penampuran adonan Ulano, penyaputan diatas screen sampai pengeringan, baiknya dikerjakan di ruangan yang tidak terlalu terkena cahaya matahari atau lampu yang kuat. Karena Ulano yang telah dicampur dengan sensitizer mempunyai kepekaan terhadap cahaya, sehingga bisa menyebabkan proses afdruk gagal.
e. Setelah kering, kemudian ambil film/klise, busa dan kaca  yang telah kita siapkan tadi. Ganjalkan busa dibagian bawah screen, letakan film diatas screen dengan posisi terbalik lalu jepit dan tekan dengan kaca.

Setelah langkah-langkah diatas selesai, barulah screen yang telah kita lengkapi dengan busa, kaca, film, yang telah kita tumpuk tadi dibawa keluar untuk menerima pencahayaan dari sinar matahari langsung. Proses penyinaran tidak perlu lama-lama, perkirakan saja sekitar 20 – 30 detik. Apalagi kalau kondisi cahaya matahari lagi terik sangat.
f. Setelah proses pencahayaan dirasa cukup, screen kita bawa kembali ke tempat teduh, busa, kaca, dan film yang tadi numpuk diatas screen kita lepaskan kemudian siramlah screen dengan air untuk memunculkan gambar yang telah tercetak di atas screen hasil penyinaran dari proses afdruk tadi. Bersihkan dan perjelas gambar yang Nampak di screen menggunakan semprotan.

Setelah gambar di screen sudah cukup jelas dan bersih keringkan kembali screen, bias kembali memakai hairdryer atau dijemur di terik matahari. Setelah kering screen baru siap untuk digunakan.
4. Proses penyablonan
Setelah proses afdruk diatas rampung, kita lanjutkan dengan proses penyablonan. Untuk peraktek kali ini, kita gunakan saja tinta GL biasa.
a. Ambil triplek dan lem kaos yang telah kita siapkan tadi, lalu semprotkan atau sapukan secara merata lem di permukaan triplek. Ini berguna agar kaos tidak bergeser saat penyablonan.
b. Setelah dirasa lem sudah merata dioleskan keseluruh permukaan triplek, masukan triplek kedalam kaos yang akan kita sablon dan ratakan dengan tangan jangan sampai ada kerutan-kerutan dipermukaan kaos.

c. Sekarang kaos telah siap untuk disablon. Letakan screen yang telah kita afdruk tadi di atas kaos, posisikan letak gambar ditengah kaos atau terserah disebelah mana sesuai keinginan kita.

d. Setelah langkah diatas rampung, tuangkan cat di atas screen. Cat dituangkan diluar gambar yang akan kita sablon.

e. Setelah cat dituangkan rata dari ujung ke ujung, kini saatnya penyapuan tinta menggunakan rakel yang telah kita persiapkan. Dalam penyapuan tinta, rakel jangan terlalu ditekan juga jangan terlalu ngangkang, sedang-sedang saja. Disini diperlukan latihan terus-menerus, nantinya akan ketemu dengan sendirinya seperti apa dan bagaimana penekanan rakel saat penyapuan tinta agar menghasilkan sablonan yang bagus. Perhatikan, screen jangan sampai bergeser saat penyapuan tinta.

f. Setelah tinta rata disapukan dengan rakel keseluruh permukaan gambar, angkat screen dan lihat hasilnya. Kaos telah berhasil kita sablon, keringkan dengan dijemur dengan tanpa membuka dulu alas tripleknya.
Proses penyablonan selesai.
Teknik diatas hanyalah teknik dasar sablon kaos. Sebenarnya ada berbagai macam trik-trik lagi yang suka dipakai para penyablon-penyablon dalam prosesi sablon kaos untuk membuahkan hasil yang maksimal. Dalam hal ini latihan-latihan dan percobaan-percobaan sangat membantu keterampilan kita dalam menyablon.
Cukup disinilah dulu postingan saya tentang teknik dasar sablon kaos Mas Bro.. n tarima kasih bagi pemilik gambar-gambar di kaskus yang udah saya pinjam gambar-gambarnya. Berhubung saya kaga punya foto-foto proses sablon saya sendiri..
Sakian,  semoga dapat dipahami dan bermanfaat…..