

klep
atau katup yang dalam bahasa inggrisnya (valve)adalah komponen
terpenting dalam sebuah kendaraan.klep berada pada kepala silinder.pada
setiap kendaraan yg berbentuk seperti payung,klep terbagi menjadi 2
kerja:kesatu klep masuk,kedua klep buang.klep masuk fungsinya untuk
memasukan campuran udara dan bensin yang sudah berbentuk kabut kedalam
silinder mesin.sedangkan klep buang adalah klep yg berfungsi untuk
membuang gas hasil pembakaran setelah piston melakukan kompresi.setiap
kendaraan memiliki jumlah katup yg berbeda beda.pada mobil mobil kecil
jaman jepang thn 80 an biasanya jumlah klep pada setiap silindernya ada 3
klep.namun,pada mobil buatan sekarang telah mengadopsi 4 klep pada
setiap silindernya.hal ini dilakukan untuk mempertinggi efisiensi
volumetrik.sehingga femamfaatan bbm dapat lebih efektif.dan daya yang
dihasilkanpun semakin besar untuk mesin bersilinder sama.sehingga bila
suatu mesin memiliki 4 silinder maka jumlah klep masuk dan buang
berjumlah 16.katup biasanya terbuat dari bahan yang tahan panas dan
karat(stainless steel). saat sedang melakukan kompresi,klep berpungsi
menutup lubang atau saluran pada silinder.pada saat pembakaran
berakhir,klep buang segera membuka untuk mengalirkan gas sisa hasil
pembakaran exhaust manifold.setelah proses pembuangan selesai maka
piston akan melakukan langkah isap dan klep isap pun membuka untuk
memasukan campuran udara dan bensin yg sudah mengabut menuju silinder
mesin.setiap katup dari sebuah silinder melakukan gerakan membuka dan
menutup satu kali untuk setiap dua putaran poros engkol(crank shaft)
pada mesin berkontruksi klep samping katup katup ini digerakan oleh penekan katup digerakan oleh bos.
sedangkan pada mesin yg menerapkan sistem katup
diatas(sohc/dohc).penekan katup dan batang penekan katup.setelah
diangkat sehingga terlepas dari tempat dudukannya.katup katup ini
dikembalikan pada posisi semula oleh sebuah pegas.pada saat membuka
katup katup itu akan terangkat dari dudukannya antara 5/16-3/8
inchi.selain itu kerja katup bisa dikatakan berat seperti,jika mesin
berputar 7500 rpm,katup membuka dan menutup lebih dari 60 kali
/detik.jika mesin digenjot sampai 10.000 rpm,katup dipaksa membuka dan
menutup hingga lebih dari 80 kaki/detik suhu katup bisa mencapai 700
derajat celciu................
0 komentar:
Posting Komentar